Makanan buka puasa yang tidak membuat berat badan naik

Yang harus dicermati jika tidak ingin berat badan naik saat puasa

Akan lebih baik jika dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang, sehingga tidak menambah lebih banyak kalori pada makanan. Biasanya Anda sudah merencanakan ingin makan apa saja saat berbuka, dimulai dengan minuman manis, tak ketinggalan gorengan, dan berbagai menu lainnya yang Anda suka.

Kiat-kiat Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Bulan Puasa

Terlalu banyak konsumsi makanan manis juga bisa jadi pemicu kegemukan saat puasa. Ternyata penyebab berat badan naik saat puasa dapat dipicu oleh pola makan yang buruk kamu saat berbuka puasa.

Tentu Anda juga disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti gandum. Apapun dilahap Perut kosong bukan berarti kita bisa melahap semua makanan yang tersedia.

Nah ketika hormon leptin seseorang terlalu tinggi, maka tubuhnya akan mengalami gangguan terhadap persepsi rasa kenyang. Nah, hal inilah yang membuat orang rentan mengalami kenaikan berat badan saat puasa.

Tetaplah selektif dalam menyantap makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Karena itu, ketika maghrib tiba, batalkan puasa dengan porsi secukupnya. Nah mulai sekarang coba untuk kurangi mulai dari sekarang yaah. Sebenarnya, ketika berbuka puasa, pola dan porsi makan memang harus diperhatikan.

Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan agar bisa dengan cepat mengganti energi Anda yang hilang saat puasa, namun jangan sampai jumlahnya berlebihan. Langsung tidur setelah makan justru dapat membuat berat badan naik dan tidur Anda kurang nyenyak.

Cukupi kebutuhan minum air putih sebanyak delapan gelas per hari untuk membuat Anda tetap sehat dan terhidrasi selama beraktivitas sambil berpuasa di siang hari.

Shutter Stock Sebaiknya, setelah menikmati takjil, berikan jeda selama 30 menit untuk menyantap makanan berat. Jika salah, maka hasilnya adalah berat badan cenderung meningkat.

Sebaiknya saat berbuka, segera konsumsi minuman yang tidak bergula seperti air mineral hangat untuk memenuhi cairan tubuh setelah 13 jam berpuasa. Kebiasaan langsung melahap minuman atau makanan dengan kadar gula yang tinggi ini nyatanya sangat merugikan untuk penampilan dan kesehatanmu.

Konsumsi makanan sumber karbohidrat, seperti nasi dan mie, saat buka dan sahur. Setelah makan saat buka dan sahur, sebaiknya jangan langsung tidur. Takjil biasanya terdiri dari makanan karbohidrat sederhana. Jadi, usahakan penuhi kebutuhan tidurmu sehingga nafsu makan juga terkendali, ya!

Makan lagi sebelum tidur Karena banyaknya makanan, kamu selalu tergoda untuk makan lagi sebelum tidur. Lagipula setelah salat Tarawih, biasanya seseorang akan tidur sampai waktu sahur tiba. Padahal, aktivitas fisik akan membantu membakar kalori.

Batasi konsumsi minuman manis, seperti teh manis, minuman manis dalam kemasan, dan sirup. Puasa bukan menjadi penghalang Anda untuk melakukan berbagai aktivitas. Kurangi konsumsi gorengan atau makanan yang digoreng. Jika kita mengonsumsi kalori yang berlebih selama berbuka dan sahur, maka kalori berlebih tersebut akan tersimpan dan meningkatkan berat badan.

Makan porsi besar Umumnya, malam hari kamu hanya mengeluarkan sedikit energi saja sebelum akhirnya pergi tidur. Walaupun waktu makan saat puasa hanya dua kali, yaitu saat buka puasa dan sahur, namun porsi makan yang banyak saat puasa dapat membuat berat badan naik saat puasa.

Sedangkan satu butir jeruk menyimpan 2,3 g serat dan 60 kalori. Beri waktu pada tubuh Anda untuk mencerna semua makanan yang Anda konsumsi.

Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak serat yang dapat membantu Anda mempertahankan energi dan kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda dari makan berlebih.

Dynamo Media Network Ilustrasi takjil kurma. Klik untuk berbagi di BBM Membuka di jendela yang baru Bulan puasa biasanya dimanfaat sebagian orang untuk menurunkan berat badankarena aktivitas makan dalam sehari jadi berkurang. Apa penyebabnya?

Pola Makan Buka Puasa yang Membuat Berat Badan Naik

Hal ini dikarenakan makanan tinggi lemak dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan lesu. Loh, kok bisa, ya? Pasalnya, kurang tidur dapat memengaruhi naik-turunnya hormon ghrelin dan leptin dalam tubuhmu. Ketika kamu kurang tidur tubuh memproduksi ghrelin lebih banyak dan kekurangan hormon leptin, sehingga dorongan untuk mengonsumsi camilan juga menjadi semakin besar.

Namun bagi sebagian orang, frekuensi makan yang berkurang ini justru membuat berat badan naik saat puasa.Buka puasa dengan makanan berat Makanan yang mengandung karbohidrat serta kadar gula dan garam tinggi kerap menjadi pilihan pertama saat berbuka puasa.

Tips Jitu Mencegah Berat Badan Naik Saat Puasa

Ketika membatalkan puasa, santaplah buah, salad atau sup lebih dulu karena makanan jenis ini rendah kalori dan membuat lawsonforstatesenate.com: Sehat Fresh. 2. Kalap Mengonsumsi Minuman Manis. Mengonsumsi es soda saat berbuka merupakan salah satu penyebab berat badan naik saat puasa - OkayDoc.

Es sirup, teh manis, buah, soda dan kolak kerap kali menjadi primadona yang paling dicari saat pertama kali berbuka lawsonforstatesenate.com: Venny Firstyani. Biasanya saat buka puasa Anda akan ‘balas dendam’ pada makanan.

Berat Badan Malah Naik Selama Puasa, ini penyebabnya

Anda segera makan banyak untuk memenuhi nafsu makan yang ditahan selama seharian. Tentu cara itu salah dan itulah pemicu berat badan naik usai berpuasa penuh.

Berikan jeda untuk makanan berat. Biasanya saat buka puasa Anda akan ‘balas dendam’ pada makanan. Anda segera makan banyak untuk memenuhi nafsu makan yang ditahan selama seharian. · Masalah Berat Badan Naik pada Bulan Puasa ” Sering kali berbuka puasa lebih banyak dengan penyediaan itu, jadi lebih banyak makan makanan manis.4,5/5.

Setelah belasan jam berpuasa, biasanya seseorang tidak dapat menahan godaan untuk melahap segala makanan yang ada dihadapan setelah waktu buka tiba. Imbasnya berat badan justru bertambah. Karena itu, ketika maghrib tiba, batalkan puasa dengan porsi secukupnya.

Makanan buka puasa yang tidak membuat berat badan naik
Rated 0/5 based on 21 review